Powered By Blogger

Selasa, 22 Desember 2009

BAHASA INDONESIA YANG SEMAKIN MEMPRIHATINKAN

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG SEMAKIN MEMPRIHATINKAN

Penggunaan bahasa Indonesia sekarang ini semakin memprihatinkan. Banyak sekali masyarakat, baik dari kalangan eksekutif seperti para dewan atau orang-orang dalam pemerintahan maupun kalangan umum menggunakan istilah-istilah yang dicampur-adukan antara bahasa Indonesia, bahasa inggris, bahasa daerah maupun bahasa gaul kaum muda Indonesia. Yang penting terdengar lebih keren dan gaul, mereka tidak lagi memperhatikan dan mempertimbangkan apakah bahasa Indonesia yang dipergunakan benar secara kaidah, apalagi mereka menggunakannya dalam ruang publik.

Fenomena semacam ini disebabkan karena ketidakmatangan berpikir bangsa Indonesia dan terjadi karena hampir sebagian besar masyarakat Indonesia ini cenderung lebih menghargai bahasa asing daripada bahasa Indonesia sendiri. Masyarakat memandang bahasa asing lebih modern sehingga ketika menggunakan bahasa Indonesia dalam lisan maupun tulisan sering disisipkan istilah atau kosakata asing, daerah maupun kosakata gaul anak muda Indonesia.

Padahal dalam hal ini, Pusat Bahasa telah melakukan beberapa upaya seperti penyusunan kamus yang berisi 450.000 istilah asing dari berbagai bidang ilmu kedalam bahasa Indonesia dan kamus tesaurus yang memuat ribuan kata atau istilah asing. Sehingga, tidak ada alasan bahwa bahasa asing tersebut belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Tetapi masih saja terjadi penggunaan bahasa Indonesia yang dicampur-adukan. Hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi bahwa kita telah memiliki kamus istilah asing dan kamus tesaurus.

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat penting agar bangsa Indonesia memiliki kebanggaan terhadap bahasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar